ANDRIYANA (2024) PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM DI KALANGAN ANAK SDN 2 BIROMARU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Andriyana. Stambuk B 301 18 012. Judul Penggunaan Telepon Genggam Di
Kalangan Anak SDN 2 Biromaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Di
bimbing oleh Bapak Juraid selaku pembimbing utama dan Ibu Siti Hajar N.Aepu
selaku pembimbing pendamping.
Penelitian ini di latar belakangi oleh perkebangan teknologi informasi dan
komunikasi yang sangat pesat. Sehingga muncul berbagai istilah untuk
mengklarifikasi produk tersebut yang salah satunya adalah Telepon genggam atau di
kenal dengan gadget. Penelitian ini membahas bagaimana 1).praktek penggunaan
telepon genggam dalam keseharian anak SD. 2).Bagaimana dampak penggunaan
telepon ganggam dikalangan anak SD. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui dan menggambarkan praktek penggunaan telepon genggam dalam
keseharian anak sekolah dasar dan untuk mengetahui serta menjelakan dampak
penggunaan telepon genggam di kalangan anak sekolah dasar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan tipe
penelitian deskriptif dengan maksud untuk memperoleh gambaran mengenai
Penggunaan Telepon Genggam di kalangan anak SDN 2 Biromaru Kecamatan Sigi
Biromaru Kabupaten Sigi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui
studi pustaka, penelitian lapangan yang terdiri dari
pengamatan,wawancara,dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah
delapan orang yang diperoleh melalui teknik purposive. Dari hasil penelitian
menunjukan bahwa dengan Melihat perkembangan teknologi yang semakin hari
semakin menarik perhatian khususnya dikalangan anak siswa siswi sekolah dasar.
Tidak dapat di pungkiri penggunaan media telepon genggam sudah menjalar kesemua
kalang usia, terhusus pada siswa sekolah dasar penggunaan telepon genggam
seharusanya dapat di control dalam proses penggunaannya mengingat marak
terjadinya kasus kekerasan maupun penyebaran video yang seharusnya anak seusia
mereka belum pantas untuk di akses olehnya sangat penting dibutukan peranan guru
pada saat di sekolah untuk selalu mengontrol penggunaan telepon genggam. Di
samping itu peran orang tua yang paling signifikan sangat di butuhkan untuk selalu
mengawasi anak dalam menggunakan telepon ganggam. Namun demikian, teknologi
itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan mendatangkan
dampak negative, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif
dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan
keseluruhan dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negative yaitu
terjadinya perubahan perilaku, etika, norma, aturan, atau moral kehidupan yang
bertentangan dengan etika, norma, aturan dan moral kehidupan yang bertentangan
dengan masyarakat.
Kata Kunci : Teknologi,Telepon Genggam, Dampak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Antropologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131860 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |