PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS SISWA OLEH GURU PPKN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 PARIGI

MOH HERDY RAMADHAN (2024) PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS SISWA OLEH GURU PPKN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 PARIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh Herdy Ramadhan, 2024. “Penguatan Karakter Integritas Siswa Oleh Guru
PPKn Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di SMA 1 Parigi” Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu
pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Sunarto. Amus
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi penguatan pendidikan
karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Parigi. (2) Mengidentifikasi upaya guru
PPKn untuk mengetahui penguatan dalam melakukan penguatan karakter
integritas siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi
3)Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung yang dialami guru dalam
penguatan pendidikan karakter integritas sebagai upaya pencegahan bullying di
SMA Negeri 1 Parigi. Metode Penelitian adalah deskriptif Kualitatif. Adapun
Subjek Penelitian berjumlah 6 yaitu kepala sekolah 1 orang Guru PPKn, 1 orang
Guru Bimbingan Konseling dan 10 orang siswa siswi Teknik Pengumpulan data
yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis yang di
gunakan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Penguatan karakter integritas telah terbukti
sebagai faktor penting dalam mencegah kasus bullying yang semakin meningkat
di lingkungan sekolah. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran guru PPKn
dalam menerapkan strategi penguatan karakter integritas di SMA Negeri 1 Parigi.
disimpulkan bahwa : 1. penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di SMA
Negeri 1 Parigi dalam sudah cukup baik akan tetapi masih kurangnya kesadaran
oleh siswa-siswi di sekolah tersebut sehingga masih terdapat kasus pembullyan.
Adapun upaya guru PPKn dalam melakukan penguatan karakter integritas siswa
sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi a. Membiasakan
siswa tidak menyontek saat ujian. a.) Apabila siswa dibiarkan menyontek saat
ujian, peserta didik akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tertentu
termasuk curang, upaya guru PPKn dalam menghapuskan perilaku menyontek
siswa adalah bersikap tegas, menegur, memberi peringatan, serta apabila
dibutuhkan mengurangi nilai ujian siswa. b.) Membimbing siswa untuk berani
berbicara kebenaran. upaya guru PPKn dalam menguatkan keberanian siswa
dalam berbicara kebenaran adalah membiasakan peserta didik percaya diri dan
jujur dalam berbicara kebenaran. c.) Mengajarkan siswa menghargai pendapat
orang lain. Konsekuensi dari kebebasan berpendapat dalam UUD 1945 Pasal 28
dan 28E adalah menghargai pendapat orang lain. Jadi upaya guru Pendidikan
PPKn dalam menguatkan sikap dalam menghargai pendapat orang lain adalah
melalui kerja kelompok dan presentasi. Setiap siswa bisa dan berkesempatan
mengemukakan pendapatnya dan berlatih mendengarkan dan menghargai
pendapat orang lain. d.) Membiasakan siswa untuk mengerjakan semua tugas.
upaya guru PPKn dalam hal ini adalah meningkatkan motivasi dan kedisiplinan
siswa dalam mengerjakan tugas baik dalam individu maupun kelompok. 3.
Terdapat pula faktor penghambat yang dialami guru dalam penguatan pendidikan karakter integritas sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi
yaitu a.) perbedaan kelas ekonomi keterbatasan sumber akibat kelas ekonomi
dapat menghambat implementasi program pendidikan karakter b.) tradisi
senioritas adanya tradisi senioritas dapat memperkuat budaya bullying dan
menghambat pencegahan c.) situasi sekolah yang tidak harmonis lingkungan
sekolah diskriminatif atau tidak harmonis menghalangi efektivitas pendidikan
karakter dan pencegahan bullying d.) karakter individua tau kelompok dendam, iri
hati dan perilaku lain dari individua tau kelompok dapat memperburuk masalah
bullying dan menghambat pencegahan. Sedangkan faktor penghubung institute
dan pelatihan dukungan dari sekolah dan pelatihan yang memadai bagi guru
membantu implementasi pendidikan karakter integritas, komitmen untuk
keberagaman kesadaran dan komitmen untuk mengatasi perbedaan kelas ekonomi
mendukung pencegahan bullying, keterlibatan orang tua dan komunitas dukungan
dari orang tua dan komunitas memperkuat Upaya pencegahan bullying di sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131934
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item