MOH HERDY RAMADHAN (2024) PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS SISWA OLEH GURU PPKN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 PARIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Moh Herdy Ramadhan, 2024. “Penguatan Karakter Integritas Siswa Oleh Guru 
PPKn Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di SMA 1 Parigi†Skripsi. Program 
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu 
pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas 
Tadulako. Pembimbing Sunarto. Amus 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi penguatan pendidikan 
karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Parigi. (2) Mengidentifikasi upaya guru 
PPKn untuk mengetahui penguatan dalam melakukan penguatan karakter 
integritas siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi
3)Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung yang dialami guru dalam 
penguatan pendidikan karakter integritas sebagai upaya pencegahan bullying di 
SMA Negeri 1 Parigi. Metode Penelitian adalah deskriptif Kualitatif. Adapun 
Subjek Penelitian berjumlah 6 yaitu kepala sekolah 1 orang Guru PPKn, 1 orang 
Guru Bimbingan Konseling dan 10 orang siswa siswi Teknik Pengumpulan data 
yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis yang di 
gunakan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Penguatan karakter integritas telah terbukti 
sebagai faktor penting dalam mencegah kasus bullying yang semakin meningkat 
di lingkungan sekolah. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran guru PPKn 
dalam menerapkan strategi penguatan karakter integritas di SMA Negeri 1 Parigi. 
disimpulkan bahwa : 1. penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di SMA 
Negeri 1 Parigi dalam sudah cukup baik akan tetapi masih kurangnya kesadaran 
oleh siswa-siswi di sekolah tersebut sehingga masih terdapat kasus pembullyan. 
Adapun upaya guru PPKn dalam melakukan penguatan karakter integritas siswa 
sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi a. Membiasakan 
siswa tidak menyontek saat ujian. a.) Apabila siswa dibiarkan menyontek saat 
ujian, peserta didik akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tertentu 
termasuk curang, upaya guru PPKn dalam menghapuskan perilaku menyontek 
siswa adalah bersikap tegas, menegur, memberi peringatan, serta apabila 
dibutuhkan mengurangi nilai ujian siswa. b.) Membimbing siswa untuk berani 
berbicara kebenaran. upaya guru PPKn dalam menguatkan keberanian siswa 
dalam berbicara kebenaran adalah membiasakan peserta didik percaya diri dan 
jujur dalam berbicara kebenaran. c.) Mengajarkan siswa menghargai pendapat 
orang lain. Konsekuensi dari kebebasan berpendapat dalam UUD 1945 Pasal 28 
dan 28E adalah menghargai pendapat orang lain. Jadi upaya guru Pendidikan 
PPKn dalam menguatkan sikap dalam menghargai pendapat orang lain adalah 
melalui kerja kelompok dan presentasi. Setiap siswa bisa dan berkesempatan 
mengemukakan pendapatnya dan berlatih mendengarkan dan menghargai 
pendapat orang lain. d.) Membiasakan siswa untuk mengerjakan semua tugas. 
upaya guru PPKn dalam hal ini adalah meningkatkan motivasi dan kedisiplinan 
siswa dalam mengerjakan tugas baik dalam individu maupun kelompok. 3. 
Terdapat pula faktor penghambat yang dialami guru dalam penguatan pendidikan karakter integritas sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Parigi 
yaitu a.) perbedaan kelas ekonomi keterbatasan sumber akibat kelas ekonomi 
dapat menghambat implementasi program pendidikan karakter b.) tradisi 
senioritas adanya tradisi senioritas dapat memperkuat budaya bullying dan 
menghambat pencegahan c.) situasi sekolah yang tidak harmonis lingkungan 
sekolah diskriminatif atau tidak harmonis menghalangi efektivitas pendidikan 
karakter dan pencegahan bullying d.) karakter individua tau kelompok dendam, iri 
hati dan perilaku lain dari individua tau kelompok dapat memperburuk masalah 
bullying dan menghambat pencegahan. Sedangkan faktor penghubung institute 
dan pelatihan dukungan dari sekolah dan pelatihan yang memadai bagi guru 
membantu implementasi pendidikan karakter integritas, komitmen untuk 
keberagaman kesadaran dan komitmen untuk mengatasi perbedaan kelas ekonomi 
mendukung pencegahan bullying, keterlibatan orang tua dan komunitas dukungan 
dari orang tua dan komunitas memperkuat Upaya pencegahan bullying di sekolah
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131934 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

