Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL(Problem Based Learning) Berbantuan Mind Mapping Di Kelas IV SDN 1 Tambarana

KOMANG YULVITA TUMPU (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL(Problem Based Learning) Berbantuan Mind Mapping Di Kelas IV SDN 1 Tambarana. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Tambarana dengan menerapkan model Problem
Based Learing (PBL) berbatuan Mind Mapping. Metode penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis
dan Mc. Taggar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1Tambarana yang
berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes akhir, lembar observasi
guru, lembar obsevasi siswa , dan lembar kerja kelompok
Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 76,7?n siklus II
diperoleh 94,6%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh 73,2 dan siklus
II diperoleh 89,2%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 65,21?n pada
siklus II diperoleh 82,60%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan
Mind Mapping di kelas IV pada mata pelajaran IPA SDN 1 Tambarana.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Problem Based Learning,
Mind Mapping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132029
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item