SELVI ANGGRAENI DARMANTO (2024) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning(CTL) Berbantuan Alat Peraga Papan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 5 Lolu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Selvi Anggraeni Darmanto, 2024. Peningkatan Hasil Belajar PKN Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Papan Pancasila pada Siswa Kelas IV SD Inpres 5 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah Aras
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and learning(CTL) berbantuan alat peraga papan Pancasila pada siswa kelas IV SD Inpres 5 Lolu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti ialah rendahnya hasil belajar PKN siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu pada penelitian ini yakni dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan alat peraga papan Pancasila. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 5 Lolu yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Alat pengumpul data yakni lembar Tes akhir Hasil belajar siswa pada siklus 1 dan 2 serta lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal siswa sebesar 56,79% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,7%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 79,87% serta presentasi ketuntasan klasikal sebesar 83,4%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 16,7?ri siklus I sebesar 66,7?n siklus II sebesar 83,4%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 26,6?ri siklus I sebesar 56,79?n siklus II sebesar 83,4%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning(CTL) berbantuan alat peraga papan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Inpres 5 Lolu.
Kata kunci ; Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL), Media Papan Pancasila, Pembelajaran PKN, Siswa SD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132042 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |