FEBRIANATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 1 BALAESANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Febrianati, 2022 stambuk A 311 15 024 yang berjudul skripsi “Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Mata
Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 1 Di SMA Negeri 1 Balaesangâ€. Skripsi Program
Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Hasan.
M, Hum dan Pembimbing (II) Dr. Mahfud M Gamar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan menggunakan
metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran sejarah dikelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Balaesang yang berjumlah
34 orangâ€. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar
berbentuk essay dibuat oleh peneliti dan observasi aktivitas belajar siswa selama
proses belajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari data hasil observasi aktivitas Pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 72,58?n presentase ketuntasan belajar
siswa 58,82%, selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,82 dan
91,17% jumlah siswa yang hadir telah mencapai standar kriteria ketuntasan.
Dimana peningkatan nilai kemampuan siswa antara siklus I ke siklus II adalah
14,70 dan 29,41% siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar. Aktivitas
belajar siswa selama metode pembelajaran Brainstorming pada siklus I kurang
mencapai standar minimal yang diharapkan 75%. Ketuntasan aktivitas siswa
dalam belajar pada siklus I hanya 5 orang (14,70%) siswa untuk kriteria tidak
aktif, 24 orang (70,58%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 5 orang (14,70%) siswa
untuk kriteria aktif dan untuk kriteria sangat aktif tidak ada. Selanjutnya pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi siswa untuk kriteria cukup aktif 10
orang (29,41%), siswa untuk kriteria aktif 21 orang (61,76%), siswa untuk kriteria
sangat aktif 3 orang (8,82%) dan untuk siswa kriteria tidak aktif tidak ada.
Maka berdasarkan indikator keberhasilan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
dengan pelaksanaan metode pembelajaran Brainstorming meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar sejarah di kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Balaesang.
Kata Kunci : Metode Brainstorming, Pelajaran Sejarah, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132050 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |