Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Melalui Model Pembelajaran Take And Give Di SDN Balabonda

TASRIF (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Melalui Model Pembelajaran Take And Give Di SDN Balabonda. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tasrif (2019) “Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar melalui model pembelajaran Take and Give di SDN Balabonda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Kasmudin Mustapa

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar melalui model pembelajaran Take and Give di SDN Balabonda. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Balabonda yang berjumlah 34 orang, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui tes evaluasi siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I, dengan jumlah siswa 34 orang yang mengikuti tes terdapat 21 orang yang tuntas dan 13 orang yang tidak tuntas. Nilai rata-rata sebesar 63,82%. Hasil tes evaluasi siswa pada siklus II dengan jumlah 34 orang yang mengikuti tes, terdapat 29 orang yang yang tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 79,41% sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,59%. Hasil observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 65,62?n hasil observasi siklus II sebesar 71,87% terjadi peningkatan sebesar 6,25%. Sedangkan hasil observasi guru siklus I sebesar 75?n siklus II sebesar 84,61% juga mengalami peningkatan sebesar 9,61?rdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Take and Give dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Balabonda dalam mata pelajaran IPA.

Kata Kunci : Hasil belajar IPA, Media Gambar, Model Take and Give

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132055
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item