AQIDATUL IZZAH (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Aqidatul Izzah, ( 2024 ). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing Surahman, S.Pd., M.P.d.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di kelas V SD ?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran ipa di kelas V SD. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sempel penelitian anak siswa kelas VB SDN Tondo yang berjumlah 29 orang siswa . dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom action research ) yang dilaksanakan secara bersiklus. instrumen yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi,soal tes, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Index Card Match pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Tondo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siklus I adalah 68,9% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,4% menjadi 79,6% Jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 14 siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa. Jumlah peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I adalah 15 orang, kemudian pada siklus II berkurang menjadi 4 orang. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 48,3?n presentase yang tidak tuntas pada siklus I yaitu 51,7% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 37,9% sehingga menjadi 86,2?ngan presentase yang tidak tuntas yaitu 13,8%. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, maka diperoleh bahwa penerapan strategi pembelajaran model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA dikelas VB SDN Tondo. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai pada siklus I sebesar 48,3% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,2%
Kata Kunci : Hasil Balajar, Index Card Match, IPA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132074 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |