Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Di Kelas IV SD Negeri 16 Palu

VIA ANDINI LANANTJU (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Di Kelas IV SD Negeri 16 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Via Andini Lanantju, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggnakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Di Kelas IV SD Negeri 16 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Palu yang berjumlah 12 orang. Instrumen pada penelitian yaitu berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Pada tahap pratindakan diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33%. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,33?n pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 76,25% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,75%. Hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 78,75?n mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 16 Palu.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132082
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item