MOHAMMAD RIFAI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 4 SINDUE TOMBUSABORA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mohammad Rifai (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 4 Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang memiliki dua siklus dan memiliki 4 tahap yakni (a). Perencanaan (b). Pelaksanaan Tindakan (c). Observasi dan (d). Refleksi. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 4 Sindue Tombusabora. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yakni dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa yakni sebesar 58,24% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 35,13%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 89,05% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 97,29%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar Siklus I dan Siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yakni pada DSK terjadi peningkatan sebesar 30,81?ri siklus I sebesar 58,24?n siklus II 89,05%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 62,16?ri siklus I sebesar 35,15?n siklus II sebesar 97,29%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. selain itu, saran penulis yakni Bagi guru : semoga pendekatan kontekstual ini dapat menjadi salah satu referensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 4 Sindue Tombusabora. Bagi siswa : semoga dengan menggunakan pendekatan kontekstual ini siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, melalui metode ini siswa menjadi lebih mandiri . Bagi sekolah : kurangnya media pembelajaran mengakibatkan kurangnya mutu pendidikan. Untuk itu sangat diharapkan perhatian dari pihak sekolah untuk memperhatikan media yang di perlukan saat proses pembelajaran.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, PKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132085 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |