Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Critical Incident Di Kelas II SD Inpres 2 Lolu

MELKI MOHA (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Critical Incident Di Kelas II SD Inpres 2 Lolu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melki Moha. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
dengan Menggunakan Metode Critical Incident di Kelas II SD Inpres 2 Lolu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako. Pembimbing; Rizal
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan
empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d)
Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan
masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode critical incident.
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas II SD Inpres 2 Lolu. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Inpres
2 Lolu yang berjumlah 26 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki
dan 16 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru
dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
persentase DSK siswa sebesar 66,2% serta persentase KBK sebesar 64%.
Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase DSK siswa sebesar 75,84% serta
persentase KBK sebesar 84%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar
siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada
DSK terjadi peningkatan sebesar 9,64?ri siklus I sebesar 66,2?n siklus II
sebesar 75,84%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu
sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode critical
incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 2 Lolu Kelas II pada
mata pelajaran IPS.
Kata kunci : Metode critical incident, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132089
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item