PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 4 SINDUE TAMBUSABORA

MARYAM (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 4 SINDUE TAMBUSABORA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Maryam (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn
Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 4 Sindue tambusabora,. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing:
Rizal.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang memiliki dua
siklus dan memiliki 4 tahap yakni (a). Perencanaan (b). Pelaksanaan Tindakan (c).
Observasi dan (d). Refleksi. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 4 Sindue
tambusabora,. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya
pemecahan masalah yang digunakan yakni dengan menggunakan pendekatan
kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Sindue
tambusabora,yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui lembar
aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa yakni sebesar 58,24%
serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 35,13%. Sedangkan
pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 89,05%
serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 97,29%. Berdasarkan
persentase ketuntasan hasil belajar Siklus I dan Siklus II, maka terjadi
peningkatan yang signifikan yakni pada DSK terjadi peningkatan sebesar 30,81?ri siklus I sebesar 58,24?n siklus II 89,05%. Begitu juga pada KBK terjadi
peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 62,16?ri siklus I sebesar
35,15?n siklus II sebesar 97,29%. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. selain itu, saran penulis yakni Bagi guru :
semoga pendekatan kontekstual ini dapat menjadi salah satu referensi dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 4 Sindue tambusabora,. Bagi siswa :
semoga dengan menggunakan pendekatan kontekstual ini siswa menjadi lebih
aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, melalui metode ini siswa menjadi
lebih mandiri . Bagi sekolah : kurangnya media pembelajaran mengakibatkan
kurangnya mutu pendidikan. Untuk itu sangat diharapkan perhatian dari pihak
sekolah untuk memperhatikan media yang di perlukan saat proses pembelajaran.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132097
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item