PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN LITERASI EKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD INPRES PORAME

AHMAD (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN LITERASI EKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD INPRES PORAME. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ahmad, A 20221016. 2024. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Literasi
Ekologi dalam Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Model Learning Cycle
5E Dengan Pendekatan Lingkungan pada Peserta Didik Kelas VI SD Inpres
Porame. Pembimbing Utama: Nurasyah Dewi Napitupulu dan Pembimbing
Anggota: Irwan Said.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan kolaborasi
melalui penggunaan model learning cycle 5E dengan pendekatan lingkungan dalam
pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VI SD Inpres Porame dan menjelaskan
peningkatan kemampuan literasi ekologi dalam pembelajaran IPA Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen pretesst-posttest control group design terhadap
peserta didik berjumlah 17 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Learning Cycle (5E)
berbantuan kemampuan kolaborasi dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi
mencapai 0,7 dengan kategori tinggi. (2) penggunaan model Learning Cycle (5E)
berbantuan kemampuan kolaborasi terhadap kemampuan literasi aspek concern
dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi mencapai 0,6 dengan kategori tinggi, aspek
attitude mencapai N Gain Ternormalisasi sebesar 0,8 dengan kategori tinggi, aspek
knowledge dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi sebesar 0,5 atau tinggi.
Berdasarkan hasil capaian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Learning Cycle (5E) berbantuan pendekatan lingkungan dapat
meningatkan kemampuan kolaborasi dan literasi ekologi dalam pembelajaran IPA
kelas VI SD Inpres Porame.
Kata Kunci: Kolaborasi, Literasi Ekologi, Learning Cycle 5E, dan Pendekatan
Lingkungan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132125
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item