PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF PADA TEKS ULASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 15 PALU

SINTA APRILIA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF PADA TEKS ULASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 15 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sinta Aprilia, 2024 “Peningkatan Kemampuan Membaca Ekstensif Pada Teks
Ulasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Divisions (STAD) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu”. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing
Hasnur Ruslan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca ekstensif pada
teks ulasan siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data yang telah diperoleh
dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan membaca ekstensif pada teks ulasan terdapat peningkatan.
Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 68?n pada siklus II
meningkat menjadi 92%. Dilihat dari rata-rata siklus I sebesar 78 meningkat pada
siklus II menjadi 90,5. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat
meningkatkan kemampuan membaca ekstensif pada teks ulasan siswa kelas VIII
A SMP Negeri 15 Palu.
Kata kunci: membaca ekstensif, teks ulasan, model pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132132
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item