RISMAWARNI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI KELAS I SDN 1 TANANTOVEA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Risma Warni (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan
Menggunakan Metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) di kelas I SDN 1
Tanantovea. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurursan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Drs. Efendi, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode SAS di kelas 1 SDN 1
Tanantovea. Penggunaan metode SAS yang dimaksud adalah salah satu metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjembatani pembelajaran agar lebih
menarik dan lebih mudah di mengerti oleh siswa. Penelitian tindakan kelas ini
mengacu pada model penelitian yang dikemukakan oleh kemmis dan Mc.Taggart
yang terdiri atas empat kmponen yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SDN 1 Tanantovea,
subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 berjumlah 20 orang yang
terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 rang siswa perempuan. Data hasil
penelitian ini diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Hasil observasi aktivitas
guru pada siklus I pertemuan I dan II di peroleh hasil 69,4?n 77,38%, sedangkan
pada siklus II pertemuan I dan II di peroleh hasil 83,3?n 98,80%. Hasil
observasi kativitas siswa dalam menerima pelajaran pada siklus I pertemuan I dan
II di peroleh hasil 52,25?n 66,6%, sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II
diperoleh hasil 77?n 92%. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil
belajar secara kalsikal pada pertemuan I mencapai 30% pertemuan II 50%.
Pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal pada pertemuan I
75% pertemua II 96%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah
penggunaan metde SAS (Struktural Analitik Sintetik) memberikan dampak yang
positif terhadap hasil belajar siswa dalam membaca permulaan khususnya pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa
dari siklus I samapai II.
Kata Kunci : Membaca permulaan, Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132144 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |