PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX B MTS DDI BANGKIR

RISNA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX B MTS DDI BANGKIR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Risna, 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan
Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IX B MTS DDI Bangkir. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako, Pembimbing Ulinsa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
melalui empat tahapan yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir
dengan menggunakan Model Discovery Learning. Penelitian tindakan ini
dilaksanakan dengan dua siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali
pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu
menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Model Discovery Learning dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada tahap siklus I yaitu sebesar 72?n
meningkat menjadi 84% pada tahap siklus II. Adapun hasil belajar menulis cerita
pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir pada tahap siklus I, nilai ratarata kelas sebesar 68,93 dengan kategori “Cukup”, terdapat 12 siswa yang
mencapai ketuntasan dan 18 siswa yang belum tuntas. Pada tahap siklus II, nilai
rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 84, 8 dengan kategori “Baik”,
terdapat 27 siswa yang mencapai ketuntasan dan 3 siswa yang tidak tuntas.
Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek siswa dari tahap siklus I ke siklus
II yaitu sebesar 15,87. Dari penelitian tindakan ini dapat diperoleh kesimpulan
bahwa dengan menggunakan Model Discovery Learning dapat meningkatkan
kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerita Pendek, Model Discovery
Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132160
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item