NUR AINUN FARDIANTI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN 8 RIO PAKAVA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu penyebab rendahnnya Kemmpun Menulis karangan narasi anak yaitu
karena kurangnnya partisipasi, motivasi, dan metde pembelajaran yang monoton.
Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana
pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningktkan
kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 8 Rio pakava.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan menulis karangan
narasi melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil belajar
siswa dikatakan tuntas apabila memperoleh ketuntasan belajar individu sekurangkurangnnya 65%. Suatu kelas dikatakan tuntas bejar jika presentase klasikal
sekurang-kurangnnya 70?n dikatakan berhasil jika nilai rata-rata baik atau
sangat baik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hail yn di peroleh
yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus I
pampai dengan siklus II secara berurutan yaitu 74,66% kategori cukup dan
87,36% kaegori baik. Sedangkan kemampuan siswa dalam menerima
pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II secara berurutan yaitu
71,42%kategori cukup dan 88,75%kategori baik. Hasil belajar siswa mulai siklus
I same siklus II secara berurutan presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I
79,16% kategori baik dan presentase ktuntaan belajar klasikal siklus II 91,66%
kategori sanat baik. Dan data yang diperoleh terjadi eninkatan pada setiap siklus.
Denan demikian dannya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi
dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada
siswa kelas V SDN Rio Pava
Kata kunci: hasil belajar, pendekatan pembelajaran kontekstual, peningkatan
menulis karangan naarasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132163 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |