PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI FOTO KONTEKSTUAL PADA KELAS VII DEWA RUCI SMP NEGERI 1 PALU

DIMAS MOH. IQBAL (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI FOTO KONTEKSTUAL PADA KELAS VII DEWA RUCI SMP NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Dimas Moh. Iqbal, 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Foto
Kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu, Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. H. Gazali,
M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
kemampuan menulis pantun melalui foto kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci
SMP Negeri 1 Palu,penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peningkatan
kemampuan menulis pantun melalui foto kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci
SMP 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu yang berjumlah 32 siswa yang terdiri
atas 14 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini adalah observasi,observasi terdiri atas lembar observasi guru dan
lembar observasi siswa, refleksi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah kualitatif dan di jabarkan menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa peningkatakan kemampuan menulis pantun melalui foto
kontekstual pada kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu mengalami peningkatan,
hal ini dapat di lihat dari hasil proses observasi dan kemampuan siswa dalam menulis
pantun melalui foto kontekstual. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada
siklus I dan II yang telah dilakukan pada proses pembelajaran diperoleh sebesar
73,68?n 84,21%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dan II diperoleh
sebesar 73,68?n 94,73%. Berdasarkan pada pelaksanaan tes pra tindakan di
peroleh ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 67,18, siklus I
memperoleh nilai rata-rata 73,59, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,93.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media melalui foto kontekstual (media
gambar) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun di kelas VII
Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu.
Kata Kunci : peningkatan,kemampuan menulis,pantun,media foto kontekstual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132175
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item