PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU MELALUI METODE MIND MAPPING

MASRIANI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU MELALUI METODE MIND MAPPING. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Masriani, 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas
VII SMP Negeri 14 Palu Melalui Model Metode Mind Mapping. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan
Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Nirmayanti S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks
deskripsi melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 14
Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif. Rancangan penelitian tindakan kelas ini
menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC.
Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu :
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan
siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam menulis teks deskripsi melalui metode
mind mapping mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian
tindakan siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas guru 83,33%, hasil
observasi aktivitas siswa 75%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal
siswa 32,35?n nilai rata-rata kemampuan siswa 64,41. Hasil penelitian
tindakan siklus II mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru
97,91%, hasil observasi aktivitas siswa 86,36%, hasil tes persentase ketuntasan
belajar klasikal siswa 76,47?n nilai rata-rata kemampuan siswa 75,14%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping
dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam
menulis teks deskripsi.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Mind
Mapping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132189
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item