PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINDUE TOBATA

FATUR RAHMAN (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINDUE TOBATA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Dengan menyimak
menggunakan media film Kartun, dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas
VIII di SMP Negeri 1 Sindue Tobata. Desain penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Data penelitian ini adalah data proses pembelajaran, dan data hasil
pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tobata dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik
yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: Observasi, tes, dan dokumentasi.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskrptif. Data dianalisis
menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Menyimak Melalui Media Film Kartun Pada Siswa Kelas VIII di
SMP Negeri 1 Sindue Tobata mengalami peningkatan sangat baik dalam proses
pembelajaran, maupun hasil pembelajaran. Proses pembelajaran menyimak
menggunakan media film kartun pada siklus I kurang memuaskan, suasana kelas
kurang kondusif, dan belum mencapai nilai KKM. Proses pembelajaran siklus II
sangat memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah siklus I. Pada
siklus II, Peneliti melaksanakan pembelajaran menyimak media film kartun
sangat baik. Hasil penelitian memperhatikan aspek penilaian meliputi: Tokoh dan
watak tokoh, latar tampat, alur cerita, tema, dan amanat. Ketuntasan belajar
klasikal pada siklus I sebesar 72.42% sedangkan pada siklus II sebesar 93,11?n Rata-rata nilai siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 75.51%
sedangkan nilai pada siklus II sebesar 83.11%. Semua aspek penilaian tergolong
baik pada siklus I dan meningkat ke kategori sangat baik pada siklus II. Sesuai
dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru agar dalam
pembelajaran menyimak menggunakan media film kartun, karena media tersebut
telah terbukti dapat meningkatan kemampuan menyimak melalui media film
kartun pada siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Film Kartun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132196
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item