PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV SDN 22 SIRENJA MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN METODE LATIHAN

DEVA KURNIASARI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV SDN 22 SIRENJA MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN METODE LATIHAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Deva kurniasari (2019), Peningkatan kemampuan Siswa Kelas IV SDN 22 Sirenja Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Dengan Metode Latihan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Berdasarakan penelitian, peneliti merumuskan dalam judul penelitian “Peningkatan kemampuan Siswa Kelas IV SDN 22 Sirenja Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Dengan Metode Latihan” penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 22 Sirenja dan aktifitas belajar siswa dikelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 22 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas beberpa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dengan adanya data-data yang terkumpul dengan indikator batasan nilai hasil dan proses minimal sebasar 70. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes dari akhir siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 70,7?ngan presentase ketuntasan 65%, aktifitas siswa dengan nilai yaitu 55,55% sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I 76,47%. Pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 82,2?ngan presentase ketuntasan 90% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja denga nilai rata-rata aktifitas siswa 89,06?n presentase aktivitas guru 91,17?ri pelaksanaan siklus diatas ternyata ada peningkatan. Kesimpulan dari pelaksanaan tindakan kelas ini bahwa pemmbelajaran dengan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 22 Sirenja tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Latihan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132207
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item