ZUBAIR MATAMAY (2021) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 17 PALU MELALUI PEMBELAJARAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Zubair Matamay, 2020. “PeningkatanKemandirian dan Hasil Belajar IPA 
Siswa Kelas V SDN 17 Palu Melalui Pembelajaran Discovery Learningâ€. Tesis, 
Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. 
Ketua Tim Pembimbing Jamaludin M. Sakung, Anggota Tim Pembimbing Afadil.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar (ranah kognitif, 
ranah psikomotor) dan kemandirian siswa kelas V di SDN 17 Palu melalui 
pembelajaran Discovery Learningmata pelajaran IPA.Penelitian ini merupakan 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau ClassroomAction Reseach (CAR), yaitu 
sebagai kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Subyek penelitian adalah 
siswa SDN 17 Palu kelas V, semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang 
berjumlah 19 orang, semuanya dijadikan sampel penelitian. Indikator keberhasilan 
tindakan yang dilakukan untuk menyatakan berakhirnya siklus penelitian dalam 
penerapan model pembelajaran Discovery Learningadalah jika kriteria ketuntasan 
maksimum (KKM) mencapai lebih atau sama dengan 75. Hasil analisis deskriptif 
kuantitatif pratindakan menunjukkan bahwa nilai hasil belajar rata-rata kelas 
adalah 68,95 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 60, terdapat 5 siswa 
(26,3%)sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan terdapat 14 
siswa (73,7%) yang belum mencapai KKM. Siklus pertama diperoleh hasil belajar 
rata-rata kelas adalah 74,21 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 50, terdapat 
10 siswa (52,7%) sudah memenuhi KKM dan terdapat 9 siswa (47,3%) yang 
belum mencapai KKM, kemandirian siswa diperoleh ada 12 siswa yang 
memperoleh kriteria cukup (63,16%). dan ada 7 siswa yang mendapat kriteria 
kurang (36,84%). Siklus kedua diperoleh hasil belajar rata-rata kelas adalah 80,3 
dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, terdapat 15 siswa (78,9%) sudah 
memenuhi KKM dan terdapat 4 siswa (21,1%) yang belum mencapai KKM, 
kemandirian siswa diperoleh ada 7 siswa yang memperoleh kriteria baik 
(36,84%), ada 10 siswa yang memperoleh nilai cukup (52,63%), dan ada 2 siswa 
yang mendapat kriteria kurang (10,53%).Persentase siswa yang nilainya di atas 
KKM pada siklus I baru mencapai 52,6?n, Persentase nilai siswa yang di atas 
KKM pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 78,9%, menunjukkan bahwa 
model pembelajaran Discovery Learningmampu meningkatkan Kemandirian dan 
hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, kemandirian, Discovery Learning,
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132255 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

