PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 17 PALU MELALUI PEMBELAJARAN

ZUBAIR MATAMAY (2021) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 17 PALU MELALUI PEMBELAJARAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zubair Matamay, 2020. “PeningkatanKemandirian dan Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas V SDN 17 Palu Melalui Pembelajaran Discovery Learning”. Tesis,
Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako.
Ketua Tim Pembimbing Jamaludin M. Sakung, Anggota Tim Pembimbing Afadil.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar (ranah kognitif,
ranah psikomotor) dan kemandirian siswa kelas V di SDN 17 Palu melalui
pembelajaran Discovery Learningmata pelajaran IPA.Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau ClassroomAction Reseach (CAR), yaitu
sebagai kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Subyek penelitian adalah
siswa SDN 17 Palu kelas V, semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang
berjumlah 19 orang, semuanya dijadikan sampel penelitian. Indikator keberhasilan
tindakan yang dilakukan untuk menyatakan berakhirnya siklus penelitian dalam
penerapan model pembelajaran Discovery Learningadalah jika kriteria ketuntasan
maksimum (KKM) mencapai lebih atau sama dengan 75. Hasil analisis deskriptif
kuantitatif pratindakan menunjukkan bahwa nilai hasil belajar rata-rata kelas
adalah 68,95 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 60, terdapat 5 siswa
(26,3%)sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan terdapat 14
siswa (73,7%) yang belum mencapai KKM. Siklus pertama diperoleh hasil belajar
rata-rata kelas adalah 74,21 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 50, terdapat
10 siswa (52,7%) sudah memenuhi KKM dan terdapat 9 siswa (47,3%) yang
belum mencapai KKM, kemandirian siswa diperoleh ada 12 siswa yang
memperoleh kriteria cukup (63,16%). dan ada 7 siswa yang mendapat kriteria
kurang (36,84%). Siklus kedua diperoleh hasil belajar rata-rata kelas adalah 80,3
dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, terdapat 15 siswa (78,9%) sudah
memenuhi KKM dan terdapat 4 siswa (21,1%) yang belum mencapai KKM,
kemandirian siswa diperoleh ada 7 siswa yang memperoleh kriteria baik
(36,84%), ada 10 siswa yang memperoleh nilai cukup (52,63%), dan ada 2 siswa
yang mendapat kriteria kurang (10,53%).Persentase siswa yang nilainya di atas
KKM pada siklus I baru mencapai 52,6?n, Persentase nilai siswa yang di atas
KKM pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 78,9%, menunjukkan bahwa
model pembelajaran Discovery Learningmampu meningkatkan Kemandirian dan
hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, kemandirian, Discovery Learning,

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132255
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item