WINDA (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR KONTEKSTUAL DI KELAS 1 SDN 20 BALAESANG TANJUNG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Winda, (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa Membaca dan Menulis
Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kontekstual Di Kelas 1 SDN 20
Balaesang Tanjung. Skripsi Program Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako.Pembimbing Muhammad Aqil
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah kemampuan membaca dan
menulis permulaan di kelas I SDN 20Balaesang Tanjung dapat ditingkatkan
dengan menggunakan media gambar Kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dan menulis di kelas I
SDN 20Balaesang Tanjung. Subjek penelitian tindakan kelas ini dengan jumlah20
siswa yang terdiri dari atas 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian
ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah kuantitatif tes hasil belajar berupa tes prakter bernyanyi dengan
menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peningkatan kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan dengan
menggunakan media gambar kontektul yakni dengan presentase peningkatan
kemampuan siswa pada penelitian sebelum tindakan terdapat 6 siswa 30% yang
termasuk dalam kategori kurang. Pada penelitian siklus I menunjukkan presentase
aktivitas guru sebesar 80% (kriteria baik), persentase aktivitas siswa sebesar 60%
(kriteria cukup), serta rata-rata hasil penilaian kemampuan siswa membaca dan
menulis permulaan adalah 65?ngan kriteria cukup. Pada siklus II persentase
penilaian aktivitas guru sebesar 90% (kriteria sangat baik), persentase penilaian
aktivitas siswa sebesar 90% (kriteria sangat baik), serta rata-rata hasil penilaian
kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan melalui media kartu huruf
sebesar 95% (kriteria sangat baik). hasil tersebut secara keseluruhan telah
mencapai kriteria yang ditetapkan yakni, daya serap individual minimal 65%,
daya serrap klasikal 70?n ketuntasan klasikal 80%, maka dianggap tuntas
belajar. dengan demikian, melalui media gambar Kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan siswa membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SDN 20Balaesang
Tanjung.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca dan menulis Permulaan, Media Gambar
Kontekstual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132273 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |