PENYELIDIKAN GEOLOGI TEKNIK TERHADAP LONGSORAN PADA RUAS JALAN SALUA HINGGA LINDU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

MEGA MAHARANI HARPA RUT KALATIKU (2022) PENYELIDIKAN GEOLOGI TEKNIK TERHADAP LONGSORAN PADA RUAS JALAN SALUA HINGGA LINDU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENYELIDIKAN GEOLOGI TEKNIK TERHADAP LONGSORAN PADA RUAS JALAN SALUA HINGGA LINDU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

Mega Maharani Harpa Rut Kalatiku, Ir. Irianto Uno, M.Sc

ABSTRAK
Ruas jalan Salua hingga Lindu merupakan bagian dari ruas jalan provinsi antara Kota Palu dengan wilayah Kecamatan Kulawi di Kabupaten Sigi. Pada lereng di ruas jalan Salua hingga Lindu sering terjadi bencana alam geologi yang berupa longsoran tanah dan batuan pada lereng yang ada pada jalan tersebut. Faktor penyebab terjadinya pergerakan massa tanah dan batuan yaitu, kemiringan lereng yang curam, curah hujan yang tinggi, serta struktur geologi yang ada di daerah tersebut. Studi yang digunakan dalam penyelidikan geologi teknik ini yaitu tentang kestabilan lereng menggunakanan klasifikasi massa batuan Rock Mass Rating (RMR), Geological Strength Index (GSI), Hoek & Brown, dan metode kinematik.. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi geologi daerah penelitian yang berada pada relief perbukitan tinggi dengan kemiringan lereng yang sangat terjal dengan litologi batuan diorite pada stasiun 1 dan batuan andesit pada stasiun 2 hingga 4, berdasarkan nilai bobot massa batuan Rock Mass Rating (RMR) dan nilai Geological Strength Index (GSI) nilai total massa batuan yang diperoleh dikategorikan pada batuan sedang (Fair Rock) yang dengan interval bobot 51-57, tipe longsoran yang terjadi pada stasiun 1 hingga 4 yaitu tipe longsoran baji, dan faktor keamanan pada stasiun 1, 2, dan 3 dalam kondisi kritis ( FK < 1> 1,5 yaitu 1,749.

Kata kunci: Rock Mass Rating (RMR), Geological Strength Index (GSI), Faktor keamanan.
ENGINEERING GEOLOGICAL INVESTIGATION ON AVAILABILITY ON ROAD SALUA TO LINDU, SIGI REGENCY, CENTRAL SULAWESI PROVINCE

Mega Maharani Harp Rut Kalatiku, Ir. Irianto Uno, M.Sc

ABSTRACT
The Salua to Lindu road section is part of the provincial road section between Palu City and Kulawi District in Sigi Regency. On the slopes of the Salua to Lindu roads, geological natural disasters often occur in the form of soil and rock landslides on the slopes on the road. The factors that cause the movement of soil and rock masses are steep slopes, high rainfall, and the geological structure in the area. The study used in this geological engineering investigation is about slope stability using rock mass classification Rock Mass Rating (RMR), Geological Strength Index (GSI), Hoek & Brown, and kinematic methods. The results of this study are the geological conditions of the research area located on the relief of high hills with very steep slopes with diorite rock lithology at station 1 and andesite rock at stations 2 to 4, based on the rock mass weight value of Rock Mass Rating(RMR) and the Geological Strength Index (GSI) value of the total rock massobtained are categorized as moderate rock (Fair Rock) with weight intervals of 51-57, the type of landslide that occurs at stations 1 to 4 is wedge type, and the safety factor at stations 1, 2, and 3 is in critical condition (FK < 1> 1.5 is 1.749.

Keywords: Rock Mass Rating (RMR), Geological Strength Index (GSI), Safety factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Geologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132444
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item