PENYIMPANGAN DALAM KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DI SDN 6 SINDUE DESA TOAYA KABUPATEN DONGGALA

ASNAWATI (2022) PENYIMPANGAN DALAM KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DI SDN 6 SINDUE DESA TOAYA KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Asnawati, 2022. Penyimpangan dalam Kesantunan Berbahasa Indonesia di SDN 6 Sindue Desa Toaya Kabupaten Donggala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Tadulako. Pembimbing: Efendi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah bentuk penyimpangan dalam kesantunan berbahasa Indonesia di SDN 6 Sindue Desa Toaya Kabupaten Donggala? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk penyimpangan dalam kesantunan berbahasa Indonesia di SDN 6 Sindue Desa Toaya Kabupaten Donggala. Metode Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah teknik observasi dengan rekaman, simak dan catat. Penelitian ini menggunakan empat tahapan dalam menganalisis data, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian, yakni: 1) bentuk penyimpangan maksim kebijaksanaan, 2) bentuk penyimpangan maksim penerimaan, 3) bentuk penyimpangan maksim kemurahan, 4) bentuk penyimpangan maksim kerendahan hati, 5) bentuk penyimpangan maksim kecocokan, 6) bentuk penyimpangan maksim kesimpatian.
Kata Kunci: Penyimpangan, kesantunan, bahasa Indonesia, pragmatik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132468
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item