PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PALU

DELLA FISTA SARI (2023) PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Della Fista Sari, 2023. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikann Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ali Karim, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk penyimpangan di kelas VII SMP Negeri 7 Palu, dan (2) Faktor penyebab terjadinya penyimpangan di kelas VII SMP Negeri 7 Palu. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penyimpangan kesantunan berbahasa yang ada di kelas VII SMP Negeri 7 Palu, dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya penyimpangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Adapun teknik simak dipilih karena objek yang diteliti berupa bahasa yang sifatnya lisan, dan teknik catat digunakan untuk mencari kalimat-kalimat dalam dialog yang mengandung penyimpangan kesantunan berbahasa yang diungkapkan penutur dan mitra tutur. Serta sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan dalam proses pembelajaran bahasa indoneisa di kelas. Berdasarkan data yang terkumpul antara lain bentuk penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia dalam kelas meliputi penyimpangan maksim kearifan, penyimpangan maksim kedermawanan, penyimpangan maksim pujian, penyimpangan maksim kerendahan hati, penyimpangan maksim kesepakatan, dan penyimpangan maksim kesimpatian. Faktor penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa meliputi, sengaja menuduh lawan tutur, sengaja berbicara tidak sesuai konteks, tidak memberikan rasa simpati, protektif terhadap pendapat, dorongan rasa emosi penutur,kritik langsung dengan kata-kata kasar, dan mengejek.

Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132471
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item