INTAN NURMALA SARI (2025) PERALIHAN LEMBAGA BELAJAR DARI SEKOLAH KE RUMAH SEBAGAI AIBAT DARI PAMDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Intan Nurmala Sari Umar. Stambuk B 301 17 111. Dengan judul “Peralihan Lembaga Belajar Dari Sekolah ke Rumah Sebagai Akibat Dari Pandemi Covid 19â€.Dibimbing oleh Juraid Abd.Latief pembimbing utama dan Yulianti Bakari pembimbing pendamping.
Sekolah Dasar Islam Terpadu, berada di Jalan Sungai Ogomojolo Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Dunia pendidikan dikejutkan oleh munculnya wabah baru berupa penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama virus Covid-19 atau yang dikenal dengan sebuah istilah Corona yang pada saat itu melanda seluruh masyarakat Indonesia selama 2 tahun.Penyebaran virus ini begitu cepat, sehingga memaksa kita untuk melihat bagaimana pandemi yang terjadi, kenyataannya kini sedang mengalami perubahan yang mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pelakasanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, dengan mengambil judul peralihan lembaga belajar dari sekolah ke rumah sebagai akibat dari pandemi covid-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah pelajar dan guru sekolah dasar islam terpadu persis kota palu, penentuan informan pada penelitian ini saya menggunakan tehnik porposive sampling, yaitu menentukan 10 informan yang terdiri dari 5 orang siswa dan 5 orang guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama dengan adanya pandemi Covid-19 banyak perubahan yang terjadi baik dari proses pembelajaran, tempat belajar serta aktivitas keseharian. Proses pembelajaran dimasa pandemi Covid membuat seluruh aktivitas pembelajaran berubah yang sebelumnya tatap muka kemudian dialihkan menjadi belajar secara online atau daring. Dalam pembelajaran daring guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran, alat evaluasi, daftar hadir peserta didik dan bahan ajar yang akan digunakan dalam melakukan proses pembelajaran. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring terdapat perubahan yang awalnya siswa hanya menggunakan buku tulis dan pulpen dalam belajar serta memperhatikan guru menjelaskan di depan kelas, namun beralih dengan memanfaatkan teknologi berupa handphone dan jaringan internet dengan menggunakan media online berupa Whatsapp, Classroom, Zoom, Facebook, Youtube dan Google sebagai media belajar online. Dengan adanya pembelajaran daring, siswa-siswi dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan mekanisme dan cara belajar siswa, dimana awalnya mereka melakukan pembelajaran disekolah namun karena adanya Covid-19 mereka dipaksa untuk beralih melaksanakan kegiatan belajar dari rumah. Perubahan juga terjadi pada aktivitas keseharian baik murid maupun guru, awalnya mereka setiap paginya harus berangkat ke sekolah akan tetapi sekarang mereka tidak perlu lagi datang ke sekolah karena sudah melakukan segala aktivitas sekolah itu dirumah, serta selalu menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain ketika hendak keluar atau sedang ingin bertemu baik murid maupun guru.
Kata Kunci : media, pembelajaran,daring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Antropologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132480 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |