PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MEMBERIKAN LAYANAN PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 3 PALU

SINTA LESTARI (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MEMBERIKAN LAYANAN PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sinta Lestari, 2021. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Memberikan Layanan Pada Masa Pembelajaran Daring di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Bimbingan dan Konseling selama pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggambarkan peran guru Bimbingan dan Konseling pada masa pembelajaran daring. Informan dalam penelitian ini berjumlah Sembilan orang yang terdiri dari dua guru Bimbingan dan Konseling, enam orang siswa dan kepala sekolah. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan guru Bimbingan dan Konseling berperan untuk mengatasi hambatan belajar siswa pada masa pembelajaran daring dengan memberikan layanan yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh siswa seperti memberikan layanan bimbingan klasikal atau layanan informasi via online melalui zoom mengenai cara belajar efektif di masa pandemi covid-19 dan melakukan konseling individual melalui chat atau video call WhatsApp. Dan dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling berperan aktif melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam merencanakan program layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa hingga pada tahap pelaksanaan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Peran aktif tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi pada masa pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Palu dengan memanfaatkan media pembelajaran daring seperti google classroom, zoom, WhatsApp serta dukungan perangkat-perangkat mobile seperti smartphone, laptop dan komputer serta melakukan evaluasi pada setiap program kegiatan Bimbingan dan Konseling yang diterapkan di sekolah.

Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Pembelajaran daring, Siswa
SMA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132617
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item