MEI DIYAWATI (2023) PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 19 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Mei Diyawanti, (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Prilaku Bullying Pada
Siswa SMP Negeri 19 Palu. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing
Kaharuddin Nawing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying dan untuk
mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi prilaku bullying pada siswa SMP
Negeri 19 Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan tipe deskritif. Adapun subyek penelitian ini adalah 7 siswa dan 7
guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data. Dalam menerapkan informan menggunakan teknik Purposive
Sampling Hasil penelitian menunjukan: 1) Bentuk-bentuk bullying di SMP N 19 Palu,
bullying secara fisik bullying jenis ini bullying yang paling mudah untuk
diidentifikasi, bullying Eletronik yang digunakan pelakunya menggunakan sarana
elektronik dan fasilitas internet. bullying dalam bentuk rasional merupakan perilaku
bullying yang paling sulit dideteksi Dari keempat jenis bullying. bullying dalam
bentuk verbal adalah salah satu jenis bullying yang paling mudaah dilakukan, 2). (a)
peran guru dalam mencegah prilaku bullying adalah memberikan himbauan dan
nasehat secara individu maupun klasikal. Memberikan pemahaman tentang prilaku
bullying dan dampaknnya, memberikan reward, membuat kelompok belajar,
bekerjasma dengan guru lainnya guna melakukan pengawasan. (b). peran guru dalam
Menindak lanjuti prilaku bullying yaitu memanggil siswa yang terlibat dalam kasus
bullying, mengintrogasi, memberikan nasehat, memberikan penanaman nilai moral, di
bimbing oleh guru bk, dihadapkan dengan kepala sekolah ,dan mengundang orang
tua. Hambatan yang dialami disekolah adalah jumlah guru yang tidak sebanding
dengan siswa mengakibatkan tidak semuanya bisa dikontrol oleh guru secara
bersamaan.
Kata Kunci: Peran, guru, bullying, siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132628 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |