SITI SYARAH S. TINTIS (2024) Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Artikel ini membahas peran krusial guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 di
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Silae. Pendidikan di era ini memerlukan adaptasi dan inovasi agar sesuai
dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman. Guru di SDN Inpres Silae diharapkan tidak hanya
sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran yang mampu mengembangkan
keterampilan abad ke-21 pada siswa. Metode penelititian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
metode deskriptif kualitatif. Sumber data di peroleh dari guru di SDN Inpres Silae. Penelitian ini meneliti
tentang peran guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Guru Indonesia harus mampu
mengatasi tantangan pembelajaran di abad 21. Guru harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Jika
guru tidak mampu beradaptasi dengan zaman yang semakin maju ini, maka peran guru akan semakin berubah
dan tergantikan oleh peran teknologi dan media sosial sebagai sarana pembelajaran. artikel ini dapat
disimpulkan bahwa peran guru di SDN Inpres Silae tidak hanya terbatas pada penyampaian ilmu akademik
saja, namun meliputi pembentukan karakter, pengembangan kreativitas, dan penyiapan siswa dalam
menghadapi realitas dunia yang dinamis. Dengan pendekatan holistik ini, guru di sekolah-sekolah tersebut
berperan sebagai agen perubahan dan menggerakkan pendidikan ke arah yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Kata Kunci: Peran guru, pembelajaran, abad 21, Teknologi, Siswa, tantangan pendidikan, keterampilan,
komunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132635 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |