PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI PEMBELAJARAN LURING DI KELAS IV SD INPRES 1 TONDO

RAHMIATI DAUD (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI PEMBELAJARAN LURING DI KELAS IV SD INPRES 1 TONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rahmiati Daud, 2021 “Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada
Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku
melalui Pembelajaran Luring di Kelas IV SD Inpres 1 Tondo”. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran luring di kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Jenis
penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa
kelas IV SD Inpres 1 Tondo yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan angket. Observasi ini bertujuan mengamati guru
dalam mendidik, mengajar dan membimbing siswanya pada saat pembelajaran
luring. Angket dibagikan kepada siswa untuk melihat pendapat siswa terkait peran
gurunya selama proses pembelajaran luring apakah guru tersebut benar-benar
melakukan perannya sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing. Persentase
hasil observasi guru pada saat pembelajaran luring adalah 88,9% atau termasuk
dalam kategori sangat baik. Hasil angket peran guru terhadap peningkatan hasil
belajar siswa dari 25 pernyataan memperoleh jumlah skor maksimal yaitu 1.500
atau 100% jika 15 responden menjawab sangat setuju. Jumlah skor yang diperoleh
dari 15 responden yaitu 1.306 atau 87% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hal
ini dapat dilihat pada persentase hasil belajar siswa dari 15 orang siswa terdapat 8
siswa memperoleh nilai 60,1 – 80,0% atau dalam kategori baik dan 7 siswa
memperoleh nilai 80,1 – 100% atau dalam kategori sangat baik. Hal ini cukup
membuktikan bahwa guru melakukan ketiga peran tersebut yaitu sebagai
pendidik, pengajar, dan pembimbing terlaksana dengan baik kepada murid-murid
di kelas IV SD Inpres 1 Tondo.
Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Luring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132639
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item