SALMA (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Inpres Silae. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Salma. 2023. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN
Inpres Silae. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas
Pascasarjana Universitas Tadulako.
Pembelajaran akan berhasil ketika seorang guru menggunakan media, metode
dan model pembelajaran yang tepat pada saat mengajar, serta guru memahami betul
perannya sebagai seorang pendidik. Guru memiliki peranan penting dalam proses
pembelajaran. Peserta didik kelas V SDN Inpres Silae kurang termotivasi dalam
pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena
itu perlu diadakan penelitian terkait Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Peserta Didik Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS
Kelas V SDN Inpres Silae. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah
guru kelas V SDN Inpres Silae dan peserta didiknya. Instrumen penelitian adalah
lembar wawancara dan lembar observasi. Data di analisis dengan cara mereduksi
data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pesreta didik pada mata pelajaran
IPS di Kelas V SDN Inpres Silae adalah guru sebagai evaluator, pengelola kelas,
mediator dan fasilitator, serta demonstator.. peningkatkan motivasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPS berbantuan model Blended Learning di kelas V SD
Inpres Silae diantaranya yaitu adanya ketekunan dalam belajar, Ulet dalam
menghadapi kesulitan, Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, Berprestasi
dalam belajar dan Mandiri dalam belajar.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Model blended learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132641 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |