MOH FAISAL (2021) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 TOLITOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK 
Moh  Faisal.(A  351  17  109)  “Peran  Guru  dan  Orang  Tua  dalam  Proses 
Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Tolitoliâ€. 
Dibimbing oleh Abdul Hamid, S.Ag., M.Pdi. 
 
Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMA  Negeri  3  Tolitoli Kecamatan  Baolan, 
Kelurahan Baru, Kabupaten Tolitoli. Tujuan dalam penelitian ini adalah 
diketahuinya  peran  guru  dalam  proses  pembelajaran  dimasa  pandemi  Covid-19, 
diketahuinya peran orang tua dalam proses pembelajaran dimasa pandemi  Covid-
19  dan  diketahuinya  interaksi  peran  guru  dan  orang  tua  dalam  meningkatkan 
proses  pembelajaran  dimasa  pandemi Covid-19.Subjek  penelitian  ini  adalah 2 
Orang  Guru  Mata  Pelajaran  Geografi,  2  Orang  Tua  Wali  Murid  dan  2  Orang 
Siswa.  Pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara,dan  dokumentasi. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam proses pembelajaran 
dimasa pandemi Covid-19yaitu mempersiapkan materi dan hasil evaluasi 
pembelajaran,  memiliki  tanggung  jawab  dalam memastikan  keselamatan  ataupun 
kesehatan siswa dengan memberikan penguatan aktif dan memberikan 
pemahaman kepada siswa guna mentaati semua protokol kesehatan, 
memprioritaskan  fasilitasi  terhadap  pembelajaran  siswa,  memberikan  dukungan 
emosional  bagi  siswa,  orang  tua,  dan  juga  keluarga,  dan  melakukan  komunikasi 
dan kerja sama dengan kepala sekolah, orang tua/keluarga siswa untuk 
mendukung  proses  pembelajaran.  Selain  itu  terdapat  pula  guru  yang  melakukan 
pemanataun  pada  siswa  baik  secara  chat  WA  atau  berjumpa  langsung Orang  tua 
dalam proses pembelajaran pada anak dimasa pandemi Covid-19 sudah membantu 
dalam menyediakan kuota internet untuk anak gunakan saat belajar online. 
Terdapat  orang  tua  yang  mencoba  untuk melakukan  pengontrolan  pada anak  dan 
membantu  anak  dalam  menyelesaikan  tugas  dari  gurunya,  hal  ini  dilakukan  agar 
anak  bisa  tetap  rutin  belajar  dan  lebih  semangat.  Orang  tua  dan  guru  sudah 
berinteraksi  dengan  baik  demi  membantu  proses  pembelajaran  pada  anak  dimasa 
pandemi  Covid-19,  guru  ataupun  orang  tua  saling  membantu  dalam menjalankan 
perannya  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang  kondusif  agar  anak  bisa  lebih 
giat lagi untuk belajar dimasa pandemi  Covid-19. 
 
Kata Kunci : Peran Guru dan Orang Tua, Proses Pembelajaran , Covid-19
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132654 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

