PERAN GURU IPS DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII A DI SMP NEGERI 10 PALU

HUZIMA (2021) PERAN GURU IPS DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII A DI SMP NEGERI 10 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Huzima, 2021. Peran Guru IPS dalam Mendesain Pembelajaran di Masa
Pandemi Covid-19 Kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas
Tadulako. Pembimbing Dr Misnah S.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Desain
Pembelajaran di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII A di SMP
Negeri 10 Palu ?;) 2) Bagaimana Implementasi Proses Pembelajaran IPS di Masa
Pandemi kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis Peran Guru IPS Dalam Mendesain Pembelajaran di Masa Pandemi
Covid-19 kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan tujuh
orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini
menunjukan bahwa 1) peran guru IPS dalam mendesain pembelajaran dimasa
pandemi Covid-19 di SMP Negeri 10 palu cukup efektif, hal ini terbukti dari hasil
analisis dan hasil wawancara yang menunjukan peran guru dalam membuat
rancangan pembelajaran dimasa pandemi saat ini dengan menggunakan aplikasi
watshapp dengan desain berbasis proyek cukup efektif. Dimana siswa merasa
lebih leluasa dalam menjawab dan menyampaikan ide-ide mereka karna
pembelajaran dilakukan secara daring. 2)implementasi proses pembelajaran IPS di
SMP Negeri 10 palu dimasa pandemi Covid-19 cukup efektif, karna aplikasi yang
digunakan dalam proses pembelajaran yaitu aplikasi watshapp dengan
menerapkan desain pembelajaran berbasis proyek memberi kemudahan bagi guru
dan tidak memberatkan siswa karna paket data yang diambil lebih sedikit dan
siswapun tetap aktif walaupun tidak dalam kondisi pembelajaran secara langsung.
Kata Kunci: Peran Guru dan Desain Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132659
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item