PERAN GURU PKn DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SOJOL

RANDI (2020) PERAN GURU PKn DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SOJOL. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiakan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Sojol dan mendeskripsikan bagaimana peran guru PKN dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Sojol. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Sojol. Adapun subyek penelitian yaitu kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru PKN. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Sojol yaitu faktor internal dan faktor eksternal diamana faktor internal yaitu kurangnya motivasi diri, kontrol diri yang lemah sehingga siswa mudah terjerumus dalam perbuatan kenakalan karena pengendalian diri yang kurang, dan faktor eksternal yaitu dari lingkungan keluarga yang kurang perhatian terhadap anaknya dan juga dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat, teman bermain dan media sosial dimana siswa biasanya bergaul di lingkungan masyarakat yang yang kurang baik seperti merokok, berkelahi sehingga siswa juga ikut terpengaruh oleh lingkungan. 2)Peran guru PKN dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Sojol adalah dengan cara memberikan bimbingan kepada siswa melalui hal-hal yang paling sederhana berkaitan dengan perilaku kenakalan siswa yaitu dengan diajari salam, berjabat tangan dengan guru, dibiasakan hormat kepada orang tua, dibiasakan hormat kepada guru, keluar sekolah melalui pintu gerbang sekolah, memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk menampung potensi sisa baik itu dalam berolahraga, kesenian, organisasi, kerohanian, agar menjadi siswa yang baik dan menciptakan kondisi sekolah agar menjadi sekolah yang kondusif bagi siswa untuk melakukan proses belajar mengajar dan perkembangan potensi diri siswa itu sendiri.

Kata Kunci: Peran Guru PKN; Mengatasi; Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132665
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item