PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 3 PARIGI

MAGFIRAH NUSRAINI. M (2021) PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 3 PARIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Magfirah Nusraini. M, (2021). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan
Kecerdasan Moral Siswa di SMP Negeri 3 Parigi. SKRIPSI. Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing
Sunarto Amus.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam
mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMP Negeri 3 Parigi. (2) Untuk
mendeskripsikan peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMP
Negeri 3 Parigi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn berjumlah 1 orang, Kepala
sekolah, guru BK berjumlah 1 orang dan siswa-siswi kelas VII dan VIII di SMP
Negeri 3 Parigi yang diambil secara acak dari setiap kelas tersebut yang berjumlah
13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru
PPKn berperan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa melalui nilai-nilai
kecerdasan moral seperti mengembangkan sikap empati, menumbuhkan hati nurani,
menumbuhkan pengendalian diri, mengembangkan sikap menghormati orang lain
(respect), memelihara kebaikan, mengembangkan sikap toleransi, dan
mengembangkan sikap adil. Dan siswa juga sudah dapat menunjukkan kompetensi
moral melalui 4 aspek yaitu integritas, tanggung jawab, kasih sayang dan pemaaf.
Mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah
mengembangkan kecerdasan moral siswa terutama dalam membentuk sikap. (2)
Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi
pembalajaran berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan
sudah terlaksana dengan baik dan optimal dalam merancang, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran serta ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sudah baik
disaat proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran melalui penanaman nilai
moral dan pembiasaan-pembiasaan yang baik.
Kata kunci: Peran Guru, PPKn, Kecerdasan Moral.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132672
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item