PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU

NURFADILLA (2021) PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nurfadilla, 2021 Peran Guru Sejarah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Melalui Pembelajaran Online Pada Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemic
Covid 19 di KELAS XI SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru sejarah
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui media pembelajaran online pada
pembelajaran sejarah di masa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu?
2) Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran online
dalam mengatasi kesulitan belajar yang dilakukan guru sejarah dalam
pembelajaran sejarah dimasa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana peran guru
sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui media pembelajaran
online dimasa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu. 2). Untuk
mengetahui Penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran
online pada pembelajaran sejarah di masa pandemi covid 19. Penelitian dilakukan
di SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunujukan
bawah Peran Guru Sejarah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui
media Pembelajaran Online Pada Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid
19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu, yaitu: mensuport siswa, melakukan
pembelajaran luring, melakukan pembelajaran daring, melakukan pembelajaran
tatap muka terbatas, dan untuk siswa yang ada di kampung mereka di berikan
kode-kode website agar bisa mengetahui perkembangan-perkembangan yang ada
di SMA Negeri 5 Palu, sementara untuk siswa yang kurang memahami
penggunaan IT maka siswa diberi kemudahan oleh guru untuk bekerja sama
dengan temannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
Kata Kunci : Pembelajaran online, Kesulitan Belajar, Siswa SM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132688
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item