PERAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES 3 BIROBULI

HASMIDA AMIR (2022) PERAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES 3 BIROBULI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres 3 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Zulnuraini S.Pd., M.Pd.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di SD Inpres 3 Birobuli? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru terhadap kedisplinan belajar siswa kelas V di SD Inpres 3 Birobuli. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian lembar observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru terhadap kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat melalui dua indikator disiplin belajar yaitu: 1) indikator disiplin waktu meliputi: tepat waktu dalam belajar, mengumpulkan tugas tepat waktu dan tidak keluar kelas saat belajar. 2) indikator disiplin perbuatan meliputi: patuh dengan aturan, tidak malas dalam belajar, tidak menyuruh orang lain mengerjakan tugasnya dan tidak berbohong. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru terhadap kedisiplinan belajar siswa sangat penting dilakukan agar terciptanya suasana belajar yang nyaman dan aman di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132694
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item