IRMA BABAO (2021) PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN TOMBI KECAMATAN AMPIBABO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Irma Babao, 2020. Peran Guru terhadap Motivasi Belajar di tengah Situasi
Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Tombi Kecamatan Ampibabo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif
Firmansyah.
Hasil observasi guru mengalami kesulitan melakukan motivasi belajar
dengan situasi siswa yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Guru kelas V
SDN TOMBI menyadari bahwa perlunya memberikan motivasi siswa agar
kemampuan serap materi dipahami dengan baik oleh siswa. Kemudian peneliti
melakukan wawancara dengan berkunjung kerumah beberapa siswa, penelitih
terlibat dalam pembicaraan mengenai apakah guru melakukan motivasi belajar
pada saat proses pembelajaran dilaksanakan, jawabanpun beragam dari masimasing
siswa. Jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Data terkumpul diolah dan
dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil analisis deskriptif Kriteria peran
guru klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden
terdapat 15 siswa atau 48,39% yang menyatakan peran guru di SDN Tombi
cukup, 16 siswa atau 51,61% yang menyatakan peran guru kurang Sedangkan dari
kriteria motivasi belajar siswa dapat dilihat dari klasifikasi pencapaian dimana
dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 41,93% yang
menyatakan motivasi belajar siswa cukup dan 18 siswa atau 58,07% yang
menyatakan motivasi belajar siswa di SDN Tombi kurang. Kemudian Hasil
analisis data mengenai hubungan antara peran guru dengan motivasi belajar siswa,
di mana r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 95%, yaitu r hitung =
0,8873 di bandingkan r tabel = 0,355. Dengan demikian hipotesis penelitian ada
hubungan antara peran guru dengan motivasi belajar siswa di SDN Tombi di
terima atau besar kontribusi yang diberikan sebesar 78,73 %.
Kata Kunci : Peran guru, Motivasi Belajar Siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132702 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |