KHAERATUN NISA (2021) PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 3 TANANTOVEA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Khaeratun Nisa. (2021). “Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 3 Tanantoveaâ€. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 3 Tanantovea. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 3 Tanantovea. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, angket,dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan 23 orang siswa kelas V SDN 3 Tanantovea. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam memotivasi belajar siswa masuk kategori Baik. Guru kelas V SDN 3 Tanantovea telah berperan dengan baik dalam pengelolaan maupun dalam memotivasi siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil motivasi belajar siswa dalam kategori Baik. Pada aspek peran guru sebagai fasilitator mendapatkan kategori cukup baik. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru didominasi dengan metode ceramah. Kendala yang dihadapi guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu kurangnya sarana pembelajaran, kurangnya pengawasan orang tua siswa terhadap anaknya dan lambatnya tingkat pemahaman siswa pada materi pembelajaran.
Kata kunci: peran guru, motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132703 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |