Peran Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 4 Sigi

RAFIKA (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 4 Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rafika. 2021. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada
Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 4 Sigi, Program Studi
Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mahfud Mahmud Gamar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana peran Kepala Sekolah
dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah dimasa pandemic
covid-19 di SMAN 4 Sigi? (2) Apa kendala yang dihadapai Kepala Sekolah dalam
mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi?.
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam mengefektifkan
pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. (2) Menjelaskan kendala yang dihadapi
Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Sigi dan jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Data yang peneliti peroleh menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumen. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum,
Guru Sejarah, Guru Geografi dan Peserta Didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
Kepala Sekolah dapat mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah
yaitu dengan mengguakan beberapa tahapan. Adapun tahapan yang diberikan Kepala
Sekolah terhadap Guru seperti memberikan Teguran, Arahan, Pembinaan serta Perbaikan.
Kepala Sekolah memberikan beberapa tahapan dengan tujuan agar Guru dapat melakukan
pembelajaran daring dengan baik dan memberikan tugas-tugas terhadap Peserta Didik.
Adapun kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran
daring seperti penguasaan teknologi yang dimiliki oleh Guru dan beberapa Peserta Didik
masih kurang, faktor ekonomi dari orang tua Peserta Didik, kemandirian Peserta Didik
selama belajar dirumah tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik , dibeberapa desa tidak
memiliki jaringan internet serta Guru maupun Peserta Didik mengeluh akan adanya
jaringan yang tidak stabil.
Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah dan Efektifitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132794
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item