NURJANAH (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI KELAS V SDN POBOYA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nurjanah, 2021 Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Pada Pembelajaran IPA Di Masa Pandemic Kelas V SDN Poboya Kecamatan
Mantikulore. Skripsi, program studi Pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu
Pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, universitas tadulako.
Pembimbing: Nurahma.
Motivasi dalam belajar sangat penting karena dengan motivasi dapat
menghasilkan minat dan usaha yang menunjang keberhasilan belajar siswa yang
didukung oleh berbagai indikator atau unsur. Pembelajaran IPA merupakan salah
satu pembelajaran yang membutuhkan keterampilan proses ilmiah dan sikap
dalam memahami ilmu tentang alam dan isinya. Pembelajaran IPA secara daring
di kelas V SDN Poboya dilakukan selama masa pandemi yang dalam
pelaksanaannya tidak lepas dari peran guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPA dimasa pandemi kelas V SDN Poboya. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Penelitian ini di lakukan di SDN Poboya dengan subjek penelitian
adalah siswa kelas V SDN Poboya sebanyak 21 orang dan orang tua siswa kelas V
SDN Poboya sebanyak 21 orang. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti
adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Usaha yang dilakukan orang tua
dalam menerapkan 4 komponen indikator peran orang tua sebagai pendidik,
pembimbing, motivator dan fasilitator dikategorikan sangat tinggi dengan hasil
angket menunjukan 65% orang tua yang selalu berperan, 21% orang tua yang
kadang-kadang berperan, 9% orang tua yang jarang berperan dan 5% orang tua
tidak pernah berperan. Motivasi belajar siswa terdapat 60% siswa yang sangat
tinggi termotivasi, 22% siswa yang rendah termotivasi, 10% siswa yang sangat
rendah termotivasi dan 8% siswa yang sangat rendah termotivasi. Berdasarkan
hasil penelitian orang tua berperan terhadap motivasi belajar siswa dengan
kategori sangat tinggi.
Kata kunci : Peran orang tua, motivasi belajar dan pembelajaran IPA secara daring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/132912 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |