Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani Padi Sawah (Oryza Sativa. L) Di Desa Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.

DELVIANA RIWI (2023) Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani Padi Sawah (Oryza Sativa. L) Di Desa Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di laksanakan pada bulan januari sampai februari 2023.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimna peran penyuluh pertanian terhadap peningkatan pengetahuan petani padi sawah (Oryza Sativa. L) di Desa Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap peningkatan pengetahuan petani padi sawah (Oryza Sativa. L) di Desa Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi .Penentuan sampel menggunakan rumus slovin didapat sebanyak 37 responden yang tergabung didalam 10 kelompok tani. Metode pengumpulan data yaitu observasi,wawancara,dan dokumentasi.Metode analisis deskriptif kualitatif menggunakan skala likert dan indkes peran penyuluh berdasarkan hasil penelitian yaitu: peran penyuluh sebagai pembimbing yaitu kurang baik dengan persentase nilai 51,32%,penyuluh sebagai organisator yaitu baik dengan persentase 70,27%,penyuluh sebagai teknisi yaitu kurang baik dengan persentase nilai 94,59%,dan peran penyuluh sebagai fasilitator yaitu kurang baik dengan persentase nilai 75,68%,dan tingkat pengetahuan petani padi sawah di Desa Tongoa di peroleh nilai skor 713 dengan persentase nilai 67,57% termasuk kedalam kriteria sedang.

Kata Kunci: Peran Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani, Padi Sawah,tingkat pengetahuan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133004
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item