YELMAN VONI (2024) PERANAN GURU DALAM MENSTIMULASI NILAI KARAKTER DI TK KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Yelman Voni, 2023. Peranan guru dalam menstimulasi nilai karakter di TK
Kristen Bala Keselamatan Palu melalui pembiasaan, dimana peran guru sebagai
sumber belajar, Fasilitator,penggelolah, demostator, pembimbing, motivator, dan
evaluator dapat membangun karakter peserta didik melalui metode pembiasaan
dalam memberikan contoh yang baik bagi peserta didik dengan memperhatikan
langkah-langkah dan indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan
karakter anak usia dini yaitu : Guru memberikan teladan yang baik kepada siswa
agar dapat di contoh oleh siswa, Guru mampu menjadi inspirasi bagi peserta didik
dengan apa yang guru miliki ataupun dengan menggunakan toko-toko teladan
sehingga dapat membangkitkan semanggat peserta didik untuk meraih prestasi
dan berkarakter yang baik , Guru harus mampu menanamkan motivasi kepada
peserta didik yaitu dengan memberikan nasehat,guru melakukan evaluasi melalui
komunikasi dengan orang tua, hal-hal yang berhubungan dengan karakter peserta
didik yang kurang baik maka peserta didik akan di tindaklanjuti dalam program
mentorin, rapat rutin untuk membahas metode maupun kurikulum yang berkaitan
dengan karakter.
Hasil dari penerapan pembiasaan karakter yang di lakukan oleh guru di TK
Kristen Bala Keselamatan Palu dari 15 siswa terdapat 12 siswa dalam kondisi
berkembang sesuai harapan dan terdapat 1 siswa mulai berkembang dan 2 siswa
belum berkembang.
Kata kunci : Peran Guru, Pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133125 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |