NI PUTU LINDA SRIJATI (2022) PERANAN GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 NAMBARU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ni Putu Linda Srijati, (2022). “Peranan Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Nambaruâ€. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru kelas
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif.
Penelitian dilakukan di SD Inpres 2 Nambaru. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru kelas V dan sebanyak 4 orang siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru.
Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan Obsevasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri
dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan guru melakukan tujuh peran
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Hal ini
ditunjukkan oleh: (1) Guru sebagai sumber belajar, (2) Guru sebagai fasilitator, (3)
Guru sebagai demonstrator, (4) Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang
mengalai kesulitan dalam belajar, (5) Guru sebagai pengelola kelas, (6) Guru
memberikan motivasi, (7) Guru mengevaluasi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Peran guru, kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133129 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |