ZULKIFLI (2020) Peranan Guru PKn Dalam Membangun Pendidikan Politik Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Zulkifli.2018. Skripsi ini berjudul Peranan Guru PKn dalam Membangun Pendidikan Politik Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan . Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Imran dan Hasdin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam membangun pendidikan politik pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 palu dan faktor penghambat dan pendoorong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN 2 Palu dan sampel adalah kelas XI MIA 4 berjumlah 16 siswa serta 4 orang guru. Tweknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan membangun pendidikan politik dapat dilaksanakan di dalam dan di luar kelas. Di dalam kelas guru menerapkan melalui kurikulum pembelajaran serta proses pembelajaran di kelas yakni diskusi, bertanya, menjawab, sesuai etika. Sementara di luar kelas pendidikan politik dilaksanakan dengan mengikuti organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada. Pendidikan politik berhasil karena ada materi pembelajaran tertentu sehingga semangat belajar siswa meningkat. Disisi lain sumber belajar, banyaknya berita yang kurang mampu dikaji kebenarannya sehingga siswa kurang memahami pendidikan politik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133134 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |