EGA PUSPITASARI (2021) PERANAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI DARING DI KELAS X SMA NEGERI I AMPIBABO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ega Puspitasari, 2021. Peranan Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa Melalui Daring Di Kelas X Sma Negeri I Ampibabo. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Mutawakkil.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Peranan guru
sejarah sebagai motivasi bagi siswa dalam meningkatkan minat belajar melalui
daring kelas X di SMA Negeri I Ampibabo? (2) Bagaimana minat belajar siswa
terhadap mata pelajaran sejarah melalui daring pada siswa kelas X di SMA Negeri
I Ampibabo? Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui peranan guru
sejarah sebagai motivasi bagi siswa dalam meningkatkan minat belajar melalui
daring kelas X di SMA Negeri I Ampibabo. (2) Untuk mengetahui minat belajar
siswa terhadap mata pelajaran sejarah melalui dari daring pada siswa kelas X di
SMA Negeri I Ampibabo. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif.
Penelitian kualitatif merupakan penelitian mengumpulkan informasi dengan
melakukan proses wawancara untuk bisa mendapatkan data yang tepat bagi
peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Guru memiliki peran yang sangat
penting dalam pendidikan, karena guru mempunyai tanggung jawab yang besar
terhadap siswanya. Berhubung dengan adanya covid-19 maka pembalajaran
dilakukan melalui daring seperti yang sudah diketahui bahwa proses belajar
daring hanya saja dilakukan dirumah dengan menggunakan media tertentu untuk
proses belajar. Media pembelajaran yang lebih dilakukan di SMA Negeri 1
Ampibabo yaitu WhatsApp dan Classroom untuk pengiriman tugas dan proses
belajar seperti diskusi dan absen para siswa. Guru juga mampu mengatasi atas
kendala yang siswa alami pada saat pembelajaran daring. Seorang guru tetap
berusaha membimbing siswa agar bisa meminati pelajaran dan bisa mengikuti
proses belajar sesuai dengan jadwal yang diterapkan, dan (2) Guru berusaha
mendekatkan diri terhadap siswa dan bisa menunjukkan sikap ramah serta penuh
pengertian terhadap siswa agar bisa menumbuhkan minat belajar siswa dan
mampu memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa dalam
pembelajaran daring secara baik.
Kata Kunci : Peranan Guru, Minat Belajar, dan Daring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133138 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |