NURFADILA (2021) PERANAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD INPRES 3 KASIMBAR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurfadila, 2021. Peranan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa
PadaMataPelajaran Matematika Kelas IV Di SD Inpres 3 Kasimbar, Skripsi
Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
UniversitasTadulako, Pembimbing (1) Mufidah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD inpres 3
kasimbar.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 3 Kasimbar. Sampel
penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 1 guru dan 23 siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitianiniyaitu observasi,wawancara,angket,dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peranan guru kelas IV di SD Inpres 3 Kasimbar
sudah baik di klasifikasikan sangat tinggi. Hal tersebut memengaruhi minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika dilihat dari tercapainya indikator
peranan guru ; 1). Mendidik, memberikan arahan dan motivasi siswa; 2).
Memberifasilitas, memberikan bahan ajar; 3). Membantu aspek-aspek pribadi
siswa, mengajarkan berbuat baik untuk selaluberkata jujurMinat belajar siswa
kelas IV di SD Inpres 3 Kasimbar di klasifikasikan sangat tinggi, dilihat dari
tercapainya tujuh indikator minat belajar siswa; 1). Kesiapan siswamenyiapkan
alat tulis dan mengikuti proses pembelajaran; 2). Kehadiran siswa, selalu hadir
tepat waktu sebelum pembelajaran dimulai; 3). Kemampuan dalam menjawab
pertanyaan, siswa berusaha menjawab pertanyaan dari guru; 4). Semangat siswa
dalam menjawab pertanyaan, dalam menjawab pertanyaan siswa sangat
bersemangat karena materi dalam proses pembelajaran yang begitu menarik; 5).
Perhatian siswa dalam pembelajaan, siswa selalu memperhatikan pembelajaran
dan menanyakan materi yang belum dipahami; 6). Ketekunan mengerjakan soalsoal, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan mandiri tanpa bantuan orang
lain; 7). Rasa ketertarikan menjawab pertanyaan, siswa berberusaha sendiri dalam
mengerjakan pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang benar.
Kata Kunci : Peranan Guru Dan Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133140 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |