PERANAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI KELAS VI SDN BAMBALEMO KECAMATAN PARIGI

ARINI NURAZIZAH (2021) PERANAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI KELAS VI SDN BAMBALEMO KECAMATAN PARIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arini Nurazizah, 2020. Peranan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Masa
Pandemi Covid19 di Kelas VI SDN Bambalemo Kecamatan Parigi. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing:
Rizal.
Berdasarkan permasalahan hasil observasi yang peneliti lakukan bulan Juni
2020 yang lalu pada guru SDN Bambalemo Kecamatan Parigi, ada rasa ingin tahu
penulis apakah Guru-guru kelas VI di SDN Bambalemo sudah berperan
optimalkan dan memaksimalkan proses pembelajaran yang terbilang tidak
biasanya, yaitu proses pembelajaran langsung separuh, maksud dari peneliti
adalah proses pembelajaran yang di lakukan di SDN Bambalemo dengan
membagi siswa pada pola distribusi berdasarkan jam, maka dalam dan jumlah
siswa, dimana siswa di ajari dalam skala terbatas, yaitu 5 sampai 6 orang setiap
harinya untuk satu mata pelajaran yang di ajarankan pada siswa kelas VI SDN
Bambalemo. Setelah peneliti melakukan observasi aktif menemukan bahwa belum
semua guru mengoptimalkan dan memaksimalkan peranan nya pada peserta didik
dalam proses pembelajaran di sekolah dengan baik, sehingga perlu diadakan
penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru terhadap prestasi
belajar Siswa di SDN Bambalemo Kecamatan Parigi dan Untuk mengetahui
prestasi belajar siswa setelah optimalisasi dan maksimalnya penarapan peranan
guru di kelas VI SDN Bambalemo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh tentang persiapan guru sebelum memulai kegiatan
pembelajaran diperoleh 22 orang siswa atau 91,67% menyatakan sangat setuju
bahwa guru telah melakukan persiapan guru yang baik sebelum memulai kegiatan
pembelajarannya di kelas VI dan terdapat 2 orang siswa atau 8,33% siswa
menyatakan setuju. Pada butir pembelajaran efektif terdapat 10 orang siswa atau
41,67% menyatakan sangat setuju dan 14 orang atau 58,33% menyatakan setuju.
Pada salah satu point yaitu tentang melibatkan rekan-rekan Guru secara Kolektif
(Kelompok) dalam Menejemen Kelas terdapat 7 orang siswa atau 29,17%
menyatakan sangat setuju, terdapat 3 siswa atau 12,50% menyatakan setuju, 0
siswa atau 0% menyatakan kurang setuju, 12 orang siswa atau 50% menyatakan
tidak setuju dan ada 2 orang siswa atau 8,33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133142
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item