PERANAN LINGKUNGAN BAHASA TERHADAP UNGKAPAN KEGEMBIRAAN ANAK USIA TIGA TAHUN DI DESA KOROBONO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

AGNES MONIKA GEOFANI (2024) PERANAN LINGKUNGAN BAHASA TERHADAP UNGKAPAN KEGEMBIRAAN ANAK USIA TIGA TAHUN DI DESA KOROBONO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agnes Monika Geofani Djupri. 2024. Peranan Lingkungan Bahasa Terhadap
Ungkapan Kegembiraan Anak Usia Tiga Tahun di Desa Korobono (Kajian
Psikolinguistik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa
Kata Kunci: Psikolinguistik, lingkungan bahasa, ungkapan kegembiraan
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana lingkungan bahasa
mempengaruhi ungkapan kegembiraan pada anak usia tiga tahun di Desa
Korobono secara psikolinguistik. Metode pengumpulan data melibatkan observasi
langsung terhadap interaksi anak dengan lingkungan bahasa mereka, kemudian
melakukan wawancara mengikuti situasi lingkungan bermain anak, dan
melakukan dokumentasi atau pengambilan gambar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa lingkungan bahasa yang kaya dan mendukung dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam mengekspresikan kegembiraan mereka secara verbal
maupun non-verbal. Implikasi temuan ini adalah pentingnya peran lingkungan
bahasa dalam perkembangan bahasa dan emosi pada anak usia dini karena proses
pemerolehan bahasa pada anak tidak lepas dari peran lingkungan disekitarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133207
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item