RIZKI KURNIA PUTRI A. RABIASA (2025) PERANAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Artikel ini membahas Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berbahasa yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak di kelompok B TK negeri pembina palu. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis yang digunakan deskriptif. Subjek penelitian yang berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya di analisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum perlakuan pada aspek menjawab pertanyaan BSB terdapat 2 anak (15%), BSH 3 anak (20%), MB 4 anak (30%), BB 5 anak (35%). Aspek penguasaan kosa kata BSB 2 anak (15%), BSH 3 anak (20%), MB 5 anak (35%), BB 4 anak (30%). Aspek menceritakan kembali secara sedarhana BSB 2 anak (15%), BSH 5 anak (35%), BM 4 anak (30%), BB 3 anak (20%). Hasil penelitian sesudah diberi perlakuan terjadi peningkatan yang signifikan pada Aspek menjawab pertanyaan BSB 5 anak (35%), BSH 4 anak (30%), MB 3 anak (20%), BB 2 anak (15%). Aspek penguasaan kosa kata BSB 4 anak (30%), BSH 5 anak (35%), MB 3 anak (20%), BB 2 anak (15%). Aspek menceritakan secara sederhana kata BSB 5 anak (35%), BSH 5 anak (35%), MB 3 anak (20%), dan BB 1 anak (10%).
Kata Kunci: Media Film Animasi, Kemampuan Berbahasa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133218 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |